Jejak Tentara Nazi di Megamendung

tugu peringatan nazi
monumen makam tentara Jerman
Ada yang menarik dari kota bogor, selain dikenal dengan kota hujannya dan pusat kuliner ternyata kota hujan juga menyimpan bangunan yang bernilai sejarah tinggi salah satunya asalah makan para tentara jerman yang tewas pasa era perang dunia ke 2. Jejak Tentara Nazi di Megamendung itu berada didesa Sukaresmi, Megamendung, kabupaten Bogor, tidak jauh dari pertigaan GadogCiawi.

Akses jalan menuju tempat pemakaman kini jauh lebih baik. Jejak Tentara Nazi di Megamendung setiap awal tahun selalu dikunjungi oleh warga Jerman. Mereka adalah sanak famili dari tentara Jerman yang dimakamkan diwilayah tersebut. Sebagai pemghormatan atas jasa mereka, pemerintah Jerman membangun monumen/ tugu peringatan tentara Jerman yang bertuliskan Deutscher Soldatenfriedhof yang berarti tugu peringatan tentara jerman.

Areal makam seluas kurang lebih 300 meter persegi itu dibangun 10 makam, disisi kanan terdapat lima nisan, disisi kiri terdapat tiga nisan dan dibawah undakan terdapat 2 Nisan. Mereka adalah

  1.  Letnan Friederich Steinfeld, meninggal karena disentri dalam tawanan pasukan sekutu
  2. Letnan Satu Laut Willi Schlummer, dan 
  3. Letnan Insinyur Wilhelm Jens, keduanya gugur di tangan pejuang kemerdekaan Indonesia pada 1945         karena disangka tentara Beland
  4. Letnan Laut W Martens, terbunuh dalam perjalanan kereta api Jakarta-Bogor
  5. Kopral Satu Willi Petschow, meninggal karena sakit di perkebunan teh mereka
  6. Letnan Kapten Herman Tangermann meninggal karena kecelakaan
  7. Dr Heinz Haake
  8. Eduard Onnen
  9. & 10. Dua makam 'Unbekannt' atau tanpa nama.
Menurut berbagai sumber para tentara tersebut adalah anak buah kapal selama Jerman yang ditugaskan membantu jepang dalam memerangi sekutu di Asia tenggara. Karena perjalanan yang sangat jauh dari pangkalannya di Jerman, satu persatu kapal selam tersebut hancur dan karam diperairan Hindia. Para awaknya menyelamatkan diri menuju Cikopo Megamendung. Dalam pelarian tersebut banyak tentara yang meninggal dan dikubur didaerah Cikopo Mega mendung.

Tertarik untuk mngunjungi Jejak Tentara Nazi di Megamendung tersebut?......

0 comments:

Poskan Komentar